Emak

Warung Mbok Gembrot The Series #1

Usia Renta, Tak Mau Kalah dengan yang Muda Mengendarai Becak dari Blitar ke Kediri atas restu Ibunda tercinta

Siang ini, jarum jam menunjukkan tepat pukul 11. Cuaca yang panas dengan kondisi suhu dingin membuat suasana di warung Mbok Gembrot menjadi lebih ramai. Karena semua memperbincangkan dua kondisi yang berlawanan. yang satu merasa kepanasan akibat memang cuaca yang lagi terik. Sedang satu lagi menggigil kedingan akibat dari pagi emang suhunya dingin hehe.

Tak luas memang warung Mbok Gembrot, sekitar 3×7 meter persegi lah. Warung sederhana untuk pekerja lapangan. Semisal tukang becak, loper koran, salesman, hingga tukang ojek. Semua berkumpul jadi satu dan berbagi tawa di Warung Mbok Gembrot itu.

(more…)

Hari Emak

Hari Emak

22 Desember , pada tanggal dan bulan itulah diperingati sebagai hari ibu gue lebih menyebutnya sebagai hari emak . Karena bagiku panggilan dari ibu dari gue adalah emak . Nah apa yang kalian fikirkan tentang emak ? Yups ..! itulah jawaban kalian dengan presepsi dan pandagan kalian masing – masing tentang siapa emak , bagaimana emak , dan seberapa berartinya emak buat kalian .

Tulisan ini kupersembahkan untuk emak gue yang pasti udah menempati surgaNya di atas sana ..

Mak , Selamat hari ibu ya… Aku kangeeeeen banget sama emak ,.
Kapan ya kita bisa bertemu dan bisa berpelukan ..
Kapan ya kita bisa bercanda, tertawa , dan bahagia bersama  ..
Rindu Kamu makk …

 

Hari Emak

Hari Emak

Itu lah kata hati yang saat ini pengen aku sampaikan ke emak gue ,.. entah berapa ribu tahun lagi , entah kapan itu terjadi ,.. yang jelas saat ini emang gue sedang kangen sama emak gue .. belum genap 40 hari aja ditinggalin sama emak , tapi rasa hati ini beraaat dan bahkan tidak ikhlas akan keadaan yang menimpa emak gue ini .

Foto di atas adalah foto – foto ketika emak gue sudah terbaring sakit .. keinget pas setiap sore mandiin emak gue , keinget pula pas suapin emak di pagi , siang , sore sama malem , keinget pas nemenin emak yang lagi tidur di kasur dimana tempat emak gue selalu tidur dan terbaring .. yang terakhir yang paling beraat banget yaitu keinget pas detik detik terakhir emak gue hebusin nafas terakhirnya .. sayangnya waktu itu tak ada wasiat yang pernah emak beri ke gue .. yah , memang emak gue pada saat sakit sampai detik terakhirnya menghirup segarnya udara bumi tak mampu untuk mengucapkan kata sebagai komunikasinya kepada semua orang terdekatnya ..

Emang ini sudah suratan .. tak ada yang mampu buat menjauh , pergi atau bahkan menolak takdir dariNya .. Lahir , bernafas, Hidup , dan mati . Semua itu Benar adanya dan pasti semua manusia akan merasakan hal itu . Dari sini gue mampu sadar dari semua ini pasti ada hikmahnya . Yang ku yakin hikmahnya adalah Emak gue lebih tenang di atas sana bersama bidadari dan para malaikat ALLAH …

Emak aku rindu ,, emak aku sayang , EMAKKK I LOVE YOU …
SELAMAT HARI IBU MAK .. kaulah EMAK TERBAIK SEDUNIA ..

In memoriam Emak

Ada apa dengan Kang Paper Bulan ini ?

hey guys, di bulan desember ini apa yang telah kalian dapatkan ? dan apa pula yang telah kalian raih ? atau bahkan kalian mempunyai suatu target untuk dicapai di bulan ini ? pikirkan apa yang kalian dapat dan raih di bulan ini . Jangan lupa ya guys buat evaluasi setiap langkah yang telahkalian lakukan bulan terakhir di 2013 ini . Ketika kalian membuat sebuah evaluasi minimal merenungkan setiap langkah di bulan ini secara tidak langsung evaluasi itu juga untuk evaluasi akhir tahun di tahun ini .

Ada apa dengan Kang Paper Bulan ini ? di bulan desember yang merupakan bulan akhir di setiap tahun ini ,gue melewati moment yang bakalan tak terlupakan. Moment yang seharunya moment bahagia di akhir tahun untuk merayakan pergantian tahun , moment yang biasanya diisi dengan semangat , dengan harapan Рharapan untuk tahun ke depan . Namun yang terjadi adalah gue Kehilangan Bunda Tercinta gue. Gue yakin kok , setegar apapun dan sekokoh apapun seorang cowok , tak ada yang mampu menahan sedih dan menahan tetesan air mata ketika Bunda yang dicinta telah tiada .

nah sekarang gue sekedar sharing pada kalian ketika gue merasakan dan mengalami sendiri ketika gue menemani bunda gue pada saat beliau menghembuskan nafas terakhirnya untuk menghadap Sang Khalik .

begini kejadiannya …

Tepat pada saat tanggal 14 Desember 2013 , setelah jam kuliah pertama di pagi itu , gue bersama temen – temen satu kelas gue berniat untuk menghilangkan penat di pikiran kita . Nah tujuannya ke pohsarang salah satu tempat wisata di kota kediri . Setelah pulang dari situ gue ngopi di salah satu tempat ngopi di area Gunung Klothok . Tiba – tiba ada sms dari kakak gue yang isinya “yik (uyik adalah nama panggilan gue di rumah) , Kalau sudah selesai ngampus cepet pulang ya soalnya mbak bingung , emak rewel aja dari tadi” . Tak menunggu lama gue langsung pulang kerumah dan ternyata emang bener emak gue yang awalnya udah membaik kesehatannya ternyata mulai sesak nafas .Dan entah kenapa keluar keringat dingin sebesar biji jagung .

Kebiasaan gue setiap pulang kampus adalah nerapi emak gue agar cepet sembuh dari sakit stroke-¬†nya . Nah setelah itu emak gue buang air besar dan langsung seketika itu juga gue bersihin dari kotorannya , sebab emak gue belum bisa duduk bahkan untuk bergerak pun beliau kesulitan . Pada posisi terbaring dan tubuhnya miring tiba – tiba mata emak gue berdetak beberapa kali kemudian beberapa detik saat itu nafasnyapun hanya sampai di bawah leher . Gue baringin lagi emak gue dan gue pasang oksigen , namun tak terelakkan lagi takdir berkata lain. Nafas emak sudah terhenti . Untungnya, emak sudah ku beri bekal buat bertemu dengan sang pencipta , gue bisikin ditelinga emak gue “Allah, Allah, … Laaaillahaillah, Lakhaullawallakuwwatailla billah .. sampai saat terkhir emak dapat bernafas“.

Pesan Gue
Muliakan ibu , bagaimanapun dan siapapun ibu kalian beliaulah yang dulu telah mengandung kalian selama di dalam rahimnya , beliaulah yang dulu menyusui kalian setelah kalian dilahirkan .. bayangkan cucuran keringatnya dan taruhan nyawanya ketika kalian sedang mengalami kesakitan , ketika kalian sedang mengalami kesusahan juga . Jangan sampai membuat murka ibu kalian , jangankan untuk memarahi dan membentaknya , untuk berkata “Ahh,..” kepadanya pun kalian tak boleh . Neraka tempatmu jika itu terjadi .

Satu lagi pesan dari gue , ada tiga hal yang membuat amal perbuatan ibu kalian tetap mengalir diatas sana :

  1. Amal Jariyah
  2. Ilmu yang bermanfaat
  3. Do’a anak sholeh

Jadi, tetep beramal jariyah dan teruskan amal beliau agar amal beliau semasa hidupnya tetap mengalir sampai nanti perhitungan amal dilaksanakan oleh tuhan . Amalkan nasihat beliau semasa hidup , karena nasihatnya yang akan menjadi ilmu ,. ketika ilmu beliau kalian laksanakan berarti ilmunya bermanfaat dan akan terus tetap mengalir . Dan satu hal yang paling penting , jadilah kalian anak – anak yang sholeh ,. doakan beliau agar membantu beliau dapat menikmati SurgaNya di atas sana .

Emak , baik – baik ya disana .. we love you forever ,. Tuhan pasti memelukmu dengan erat mak , pasti Tuhan juga menempatkan mu di tempat yang terbaik dan itu adalah Surga .

In memoriam Emak

In memoriam Emak